Instal Windows 8.1 di Acer Aspire E1-471

» » 9 Comments
Apa di antara kita sudah pernah instal laptop acer E1-471 menggunakan Windows 8 atau 8.1? Disini akan saya jelaskan sedikit saja, karena laptop seri menggunakan menu bios yang sedikit berbeda.

Kebanyakan Laptop seri baru ( khususnya acer ) telah mengalami perubahan pada BIOS. Dimana kita akan menjumpai UEFI dan LEGACY.

Perbedaan UEFI BIOS dan Legacy BIOS
  • UEFI merupakan BIOS dengan teknologi terbaru yang dapat mendukung teknologi hardware pada laptop dengan fungsi touchscreen untuk Windows 8 dan 8.1. 
  • Legacy BIOS merupakan teknologi BIOS pendahulunya yang belum dapat mensupport beberapa teknologi hardware laptop terbaru. (mengutip dari acer)

Pada Laptop Acer Acer E1-471,Jika kita ingin menginstal  Windows 8 maupun Windows 8.1  kita harus menseting Bios dengan menggunakan  seting BIOS UEFI.

Cara Seting BIOS  Acer Aspire E1-471 (UEFI dan Legacy BIOS)

Seperti biasa masuk menu BIOS dengan menekan tombol F2  - Pilih Boot - kemudian Pilih UEFI. terakhir save dengan menekan tombol F10.

Lebih jelas lihat gambar


Jika seting BIOS menggunakan Legacy, kemudian kita instal menggunakan windows 8 maupun windows 8.1, yang akan terjadi adalah mouse tidak bisa bekerja pada saat instalasi windows berjalan. Atau  mouse tidak bisa bekerja pada saat sesudah instalasi selesai. hal ini karena Menu Legacy BIOS belum support dengan perangkat hardware yang baru.

Support Driver

Sebagai mana pengalaman yang sudah saya alami, saya mencoba melakukan percobaan dengan menggunakan Windows 7 64-Bit pada laptop tersebut. Hasil dari percobaan tersebut, windows berjalan normal hingga selesai. Namun ada beberapa driver yang belum support dengan Acer E1-471, yaitu driver VGA. Semua driver untuk windows 8.1-64Bit support (compatible ) dengan Windows 7 64-bit, kecuali Driver untuk VGA. disitus resminya acer, Driver untuk windows  7 memang tidak tersedia sampai saat ini.

Kesimpulan.
  1.  Acer E1-471, Instal Windows 8, pada menu BIOS - Boot harus diseting ke UEFI Bios. caranya bisa dilihat pada gambar.
  2.  Acer E1-471, hanya support menggunakan Windows 8 atau Windows 8.1 64-Bit. Jika dinstal Windows 7, beberapa Driver tidak support.

Jikan ada yang ingin ditanyakan, silahkan... dengan senang hati saya akan menjelaskanya..

9 comments

  1. kalau di instal pake windows 10 gimana gan,?
    support ga itu gan.?

    ReplyDelete
  2. Bisa gan cuma harus nambah ram jafi 4gb

    ReplyDelete
  3. Bisa gan cuma harus nambah ram jafi 4gb

    ReplyDelete
  4. Gan punya ane biosnya insydeh20 gimana cara install windowsnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru reply,
      Masuk BIOS- pada menu BIOS pilih Main - F2 boot menu pilih Enable. kemudian Save

      Delete
  5. Kalok Diupgrade file pribadinya ikut hilang Gak Bang

    ReplyDelete
  6. Klo menu uefinya ilang gmna gan, abis ketukang service jadi hilang
    Gk ada opsi lgi

    ReplyDelete
  7. Bang saya pake acer type yg sedang dibahas ini, dan menggunakan ram 2gb.saat upgrade ke ram 4gb tidak terbaca.bagaumana itu

    ReplyDelete